Meski Performa Impresif, Klopp Tetap Belanja Pemain

Performa impresif yang diperlihatkan Liverpool pada musim ini belum sepenuhnya membuat Juergen Klopp tenang. Pelatih asal Jerman itu mengaku siap menambah kekuatan pada bursa transfer musim dingin bila memang diperlukan.

Liverpool termasuk satu dari tiga klub di lima liga besar Eropa yang belum terkalahkan. The Reds sejauh ini mencatat 15 menang dan tiga imbang. Mereka menyaingi Juventus yang mencatat 16 menang dan satu imbang di Seri A, serta Paris Saint Germain dengan 15 menang dan dua imbang di Ligue 1.

Rekor fantastis itu diyakini akan bisa dipertahankan Liverpool saat menjamu Newcastle United di Anfield pada laga Boxing Day nanti malam. Jika menang klub asal Merseyside itu bisa memperlebar keunggulan menjadi tujuh poin. Itu juga dengan catatan Manchester City ditumbangkan Leicester City.

Meski demikian, Klopp tidak berani menjamin langkah Liverpool akan selalu mulus. Menurutnya kendala akan datang cepat atau lambat. Bisa saja rentetan pemain cedera, atau jadwal padat yang dapat menguras energi. Faktanya, Si Merah masih aktif di Liga Primer, Piala FA dan Liga Champions.

Selain Desember 2018, akhir Februari hingga awal Maret tahun depan akan jadi periode sibuk bagi Liverpool. Untuk mengantisipasi terjadinya krisis pemain akibat kelelahan atau cedera, Klopp merasa perlu berbelanja saat bursa transfer dibuka.

“Saya sangat senang dengan apa yang didapat dan miliki. Tapi, masih banyak pertandingan berat yang menghadang. Dan, sangat penting bagi kami untuk bisa mengantisipasinya,” ucap Klopp, dilansir skysport.

Klopp mengaku ada kemungkinan membeli amunisi baru. Apalagi, saat ini Liverpool sudah kehilangan sejumlah pilar, seperti Naby Keita (retak tulang rusuk) dan Joel Matip (patah tulang Collar). Joseph Gomez, Trent Alexander-Arnold dan Alex Oxlade Chamberlain juga masih menjalani perawatan.

Kabarnya salah satu biddikan Klopp adalah penyerang Borussia Dortmund Christian Pulisic. “Yang bisa saya katakan, pintu kami akan selalu terbuka. Jika terjadi sesuatu, kami perlu memperbaikinya. Tapi, jika tidak terjadi apa-apa, kami juga tidak akan melakukan apapun,” ucap Klopp.

Terlepas apakah nanti akan memboyong wajah baru, Klopp terus meminta agar pasukannya tetap fokus, terutama saat menjamu Newcastle. Sadio Made dkk dianjurkan untuk tidak jumawa meski telah mencatat enam kemenangan beruntun disemua kompetisi.

Sukses melibas Napoli 1-0 dan Manchster United 3-1 di Anfield, juga tidak bisa menjamin hal serupa akan terjadi saat bentrok The Magpies. Karena itu, Klopp terus meminta agar armadanya tetap agresif ketika dilapangan.

“Tidak boleh kehilangan konsentrasi. Kami harus tetap marah dan rakus ketika melawan Newcastle. Terpenting adalah bagaimana kami bersikap setelah memenangkan laga terakhir (melawan Wolverhampton Wanderers),” kata Klopp