Empat Tim La Liga Kini Berebut Kursi Panas Papan Atas

loading…

BARCELONA – Konstelasi papan atas Primera Liga berpotensi mengalami perubahan signifikan, pekan ini. Malam hingga dini hari nanti, empat tim papan atas saling mengintip peluang merebut posisi terbaik.

Sebagai juara bertahan, Barcelona (25 poin) tidak boleh membuang kesempatan saat menjamu Villarreal di Camp Nou.

Tiga poin bakal membuka kans kembali menguasai puncak klasemen sementara, sembari berharap pada saat bersamaan, Sevilla (26 poin) tumbang ketika berhadapan dengan Deportivo Alaves. Barca dan Sevilla jelas lebih berpeluang berada di puncak.

Sementara Alaves (23 poin) Atle tico Madrid (24 poin) yang bertanding lebih dulu melawan Girona bersaing untuk posisi tiga dan empat klasemen sementara. Karena itu, kepastian melaju ke babak 16 besar Liga Champions membuat pelatih Barcelona Ernesto Valverde sepenuhnya fokus kepada Villarreal.

“Kami sangat bahagia karena secara matematis kami lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup. Melihat bagaimana kesulitan kami melakoni laga tandang di Liga Champions beberapa tahun terakhir, ini jelas luar biasa.

Saya sangat senang dengan performa tim,” kara Valverde dilansir dailymail. Tim Katalan bukan tanpa kendala. Valverde harus memutar otak lantaran banyak pemain Barca yang cedera, yakni Ivan Rakitic, Samuel Umtiti, Luis Sua rez, Arthur Enrique Ramosde Oli viera Melo, Sergi Roberto, hingga Thomas Vermaelen.

Di lain pihak, Sevilla jelas bakal mati-matian mempertahankan singgasa nanya. Pelatih Pablo Machin menegaskan, apa yang dicapai saat ini telah melebihi ekspektasi tim. Dia pun bertekad membawa timnya konsisten mendulang tiga poin.

“Kami seperti ditakdirkan bersaing di papan atas. Kami sangat menikmati saat-saat ini dan berupaya me langkah lebih jauh. Kami telah bekerja keras sehingga kami akan terus melakukannya hing ga akhir musim,” tandas Machin dilansir football-espana.net.

Kendati demikian, Alaves tidak bisa dipandang sebelah mata. Tim berjuluk Babazorros tersebut tampil mengejutkan sejauh ini dan menjadi salah satu penghuni papan atas klasemen sementara Primera Liga.

Dari 13 laga, Alaves mengemas 7 kemenangan, 2 imbang, dan 4 kekalahan. Menurut penyerang Ruben Sobrino, mencuatnya performa Alaves tidak terlepas dari kerja keras pelatih Abelardo Fernandez. “Sejak kedatangannya di klub, dia telah memberikan perubahan ke dalam tim.

Sebelum kedatangannya, kami berada dalam situasi sulit, berada di zona degradasi. Kehadirannya membuat tim sangat percaya diri,” pujinya Alasan itu membuat Sobrino optimistis Alaves mampu mendapatkan sesuatu yang bagus pada akhir musim nanti.

Penyerang berusia 26 tahun tersebut bertekad membawa timnya finis di tempat tertinggi. “Kami telah menjalani awal musim yang spektakuler. Fans terus memberikan dukungan luar biasa. Primera Liga saat ini lebih kompetitif. Kekuatan yang merata memacu para pemain untuk menjadi lebih baik dan seluruh aspek secara keseluruhan,” tandasnya.

(don)