Cetak Gol ke PSV Eindhoven, Messi Ungguli Capaian CR7

loading…

EINDHOVEN – Lionel Messi tidak henti-hentinya menghadirkan magis di Liga Champions. Penyerang asal Argentina tersebut mengukir rekor baru saat membantu Barcelona menang 2-1 atas PSV Eindhoven, Kamis (29/11).

Pada laga yang berlangsung di Philips Stadion, Messi tampil impresif lewat sumbangan golnya pada menit ke-61 plus assist untuk gol kedua Barcelona yang dicetak Gerard Pique (70). PSV hanya memperkecil kedudukan melalui Luke De Jong (82).

Performa La Pulga membuat absennya Luis Suarez akibat cedera lutut tidak terlalu terasa. Keberhasilan Messi mengoyak gawang Jeroen Zoet membuat jumlah golnya di Liga Champions menjadi 106.

Dia menjadi pemain dari satu klub yang paling banyak mencetak gol di kompetisi tertinggi Benua Biru itu. Messi melampaui Cristiano Ronaldo yang sudah mengemas 105 gol bersama Real Madrid. Rekor penyerang asal Argentina itu kemungkinan akan sulit dipatahkan.

Pasalnya, Ronaldo sekarang sudah bergabung dengan Juventus. Tidak hanya itu, Messi kini bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini dengan enam gol setara dengan bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowski.

Wajar jika performa gemilang Messi mendapatkan pujian dari pelatih Ernesto Valverde. Valverde mengatakan, dengan talenta hebat yang dimilikinya, pemain kelahiran Rosario itu mampu melakukan banyak hal luar biasa.

“Saya tidak mengetahui bagaimana cara dia (Messi) mencetak gol seperti itu. Kami tiba di Belanda dengan beberapa opsi bagus di lini depan. Messi dan Dembele bisa melepaskan tembakan dari mana saja,” ungkapnya dilansir marca.

Kemenangan ini memastikan Barca lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B dengan 13 poin. Tim Katalan itu masih belum terkalahkan dari lima laga dengan rincian empat menang dan satu imbang. Tetapi, Valverde menganggap Barcelona bukan tanpa kelemahan.

Dia menilai timnya sempat berada di bawah tekanan PSV, terutama pada 20 menit awal laga. Hal itu membuat El Azulgrana kesulitan mengembangkan permainan. Itu sebabnya, juru taktik berusia 54 tahun tersebut meminta agar kesalahan serupa tidak terulang saat menjamu Villarreal di Camp Nou pada lanjutan Primera Liga, Senin dini hari (3/12).

Sebab laga itu harus dimenangkan agar terus memuncaki klasemen sementara.

“Kami mengalami sedikit masalah di 20 menit awal dan lebih banyak terancam. Kami mengalami situasi aneh karena terus kehilangan bola. Tapi, di babak kedua kami mencetak gol dan itu membuat PSV keluar menyerang,” ujar Valverde.

Bukan hanya Barcelona saja yang meraih sukses di Grup B lainnya. Tottenham Hotspur membuka kans melaju ke fase 16 besar setelah menumbangkan Inter Milan l-0. Gol semata wayang Christian Eriksen pada menit ke-80 di Wembley memperpanjang nafas The Lilywhites. Hasil ini membuat Hugo Lloris dkk naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup B.

Mereka unggul selisih gol dari Inter yang sama-sama mengoleksi tujuh poin. Tapi, Tottenham wajib memenangkan laga pamungkas kontra Barcelona pada 11 Desember mendatang agar lolos.

Tiga poin atas Inter juga membuat Tottenham menyambut laga bigmatchLiga Primer melawan Arsenal di Etihad Stadium, Minggu (2/12), dengan kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, klub asal London itu ingin terus masuk empat besar.

“Barcelona adalah salah satu tim terbaik di Eropa saat ini dan mereka memiliki pemain-pemain berkualitas. Kami sangat menghormati mereka. Tapi, kami yakin bisa mencuri kemenangan di Camp Nou,” ucap Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino.

(don)